Home » Info PNS » Azwar Ragu Kemenkeu Bebas Korupsi karena Remunerasi

Share

HOT INFO !
Ujian CPNS 2014 akan dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Anda bisa mencoba Latihan Ujian CAT CPNS dengan program CAT di bawah ini.
Wajib dipelajari untuk persiapan ujian CPNS nanti.
Info lengkapnya silakan : Klik Disini

sponsored Links

Penilaian itu disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar, menanggapi gaji PNS di Kemenkeu yang lebih tinggi dibanding kementerian lainnya. “Besarnya gaji bukan jaminan bagi seorang pegawai tidak korupsi. Tetapi bukan berarti semua PNS yang kaya pasti korupsi. Bisa saja dia mendapat warisan dari orang tuanya, atau mempunyai suami/isteri yang kaya, atau mungkin karena dia punya usaha lain. Semua orang berhak untuk kaya, termasuk PNS,” kata Azwar dalam keterangan persnya, Selasa (19/3).

Dia menambahkan, PNS yang memiliki kekayaan cukup besar harus dapat menjelaskan asal harta kekayaannya. Karena itu, setiap PNS harus melaporkan harta kekayaannya ke KPK, melalui inspektorat di instansinya masing-masing.

“Kalau ada PNS yang kekayaannya tidak wajar, masyarakat boleh curiga, dari mana sumbernya. Jangan sampai PNS memupuk kekayaan dengan menyalahgunakan wewenangnya,” ujarnya.

Saat ini, sudah ada instansi yang menerima tunjangan kinerja (remunerasi) hingga 100 persen, yakni Kemenkeu. Untuk sampai pada remunerasi 100 persen, kementerian/lembaga (K/L) lain harus menerapkan indikator kinerja utama (IKU), tidak saja terbatas secara organisasi, tetapi sampai ke individu.
 
“Saat ini K/L yang sudah menerima tunjangan kinerja tengah melakukan assessment, membuat ukuran-ukuran kinerja pegawainya. Di sini, ketentuannya sangat ketat, tidak hanya berdasarkan daftar hadir atau ukuran-ukuran kedisplinan, tetapi lebih pada kinerja,” tutur mantan Plt Gubernur Aceh ini.

Sebagai gambaran, seperti yang berlaku di Kemenkeu seorang pegawai golongan IIIA bisa mendapat penghasilan bulanan sebesar Rp 10 juta. Asalkan, aim kinerjanya bisa dicapai 100 persen. Namun sebenarya tidak sedikit pegawai Kemenkeu yang tidak bisa mencapai angka 100 persen.

Karenanya Azwar mengatakan, menjadi PNS merupakan sebuah pilihan yang harus diterima segala konsekuensinya. “Kalau mau kaya sebaiknya tidak menjadi PNS, tetapi menjadi pengusaha, atau pedagang karena disanalah 90 persen perputaran rezeki terjadi,” pungkasnya. (Esy/jpnn)

Share

HOT INFO !
Ujian CPNS 2014 akan dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Anda bisa mencoba Latihan Ujian CAT CPNS dengan program CAT di bawah ini.
Wajib dipelajari untuk persiapan ujian CPNS nanti.
Info lengkapnya silakan : Klik Disini

sponsored Links
duwnload info lowongan kerja agustus 2014 ngoro industri mojokerto, Sscn bkd go id, cpns bojonegoro 2014, penerimaan sekdes cpns 2014, nama-nama formasi cpns 2014 abdya, Www pagaralam go id, formasi cpns kabupaten flores timur, nasib lulusan hukum, cpns 2014 baturaja, formasi pendaftran cpns kabupaten blora